Shoffatil imamah

SHOFFATIL IMAMAH,S.Si Lahir di Pasuruan tanggal 17 April 1979 guru IPA di MTsN Kota Pasuruan sejak 2005 sampai sekarang....

Selengkapnya
Navigasi Web
NIKMAT NYA NASI PECEL

NIKMAT NYA NASI PECEL

# Tantangan gurusiana hari ke 59

SEJARAH NASI PECEL

Malam ini teringat tadi siang dari perjalanan sempat mencari nasi pecel blitar, penulis hari ini ingin mengenalkan asal usul nasi pecel atau di sebut juga pecal.

Menurut wikipedia ,Pecel merupakan makanan yang terdiri dari sayur yang direbus dan lauk yang dihidangkan dengan alas yang berbeda-beda sesuai kota asal pecel, misalnya piring lidi yang disebut ingke, pincuk, atau tampah bambu. Sayuran yang dihidangkan antara lain kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, dan daun kemangi. Bumbu sambal kacang yang disiramkan di atas pecel disebut sambal pecel yang terbuat dari campuran kencur, gula merah, garam, cabai, kecombrang, daun jeruk purut, dan kacang tanah sangrai yang dicampur, ditumbuk, atau diulek.[5] Selain itu, ada pula yang menambahkan daun bawang dan asam jawa ke dalam campuran air hangat untuk mencairkan sambal pecel. ( Wikipedia ensiklopedia bebas )

Nasi pecel adalah simbol kesederhanaan dan perjalanan , karena nasi pecel adalah makanan khas mulai dari kalangan atas dan kalangan bawah, Makanya jangan kaget karena pecel bisa kita dapatkan mulai dari pedagang kaki lima sampai Restoran. Biasanya  pecel ini dikonsumsi untuk sarapan pagi dan makan siang.

Menurut Prof.Dr. Murdijati Gardjito. istilah pecel kerap mengingatkan ingatan orang  ke daerah Madiun atau Blitar di Jawa timur .Padahal sejatinya,pecel berasal dari bahasa jawa yang artinya di peras setelah direbus.

Kesederhanaan dari nasi pecel inilah yang membuat nasi pecel masih bertahan dalam setiap masa. Begitu dekat dengan kehidupan masyarakat  yang membuat terus dicari dan dikonsumsi sebagai Makanan Khas warisan budaya indonesia .

Menurut Babat tanah jawa dikisahkan sunan kalijaga bertemu dengan ki gede pamanahan. Ki Gede menghidangkan nasi dengan macam sayuran . dan Sunan kalijaga bertanya " Hidangan apa ini ?.KI gede menjawab " Punika ingkang dipun pecel (Daun yang direbus dan diperas airnya)

Anda termasuk pecinta  Nasi Pecel kah ? hemmm....sungguh nikmat dan menggoda rasanya. Silahkan boleh pilih mau pecel Madiun, pecel Blitar, pecel Kediri, Pecel Yogja dan pecel yang ada di Indonesia,tergantung mana pecel yang kau suka.

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makanan kesukaankuuu...enaak sekali. Tulisanya keren buu

07 Jul
Balas

MAKASIH

07 Jul

makanya, ayo ke blitar, biar tahu nasi pecel Blitar

07 Jul
Balas

Pecel Blitar, Buuu....sukaaa

07 Jul
Balas

Sama aku suka pecel blitar ..mak nyus rasanya

07 Jul

Mm, jadi pingin coba

07 Jul
Balas

Jadi lapeeerr....mantul bunda

07 Jul
Balas

AYO MAKAN

07 Jul

Keren bu. Nasi pecelnya endul...hehe.Sukses selalu bu

07 Jul
Balas



search

New Post